Sunday, May 8, 2011

Inilah Istri - Istri Osama Bin Laden

Sebuah rumah bertingkat tiga di Abbotabbad, Pakistan, tidak hanya menjadi saksi tewasnya gembong teroris paling dicari, Osama Bin Laden. Tapi juga merekam kisah hidup bos Al Qaeda itu di persembunyian bersama belasan anaknya dan tiga istri.

 

Seperti dimuat Rediff News, seorang ahli keamanan Islamabad menceritakan kekaguman penyidik Pakistan saat menginterogasi putri Osama yang berusia 12 tahun dan tiga istrinya. Mengapa kagum? Si polisi itu tak habis pikir, bagaimana bisa Osama mengatur keluarga besarnya hidup harmonis di satu atap bahkan saat bersembunyi dari dunia dan kejaran badan intelijen terbaik di muka bumi.

Meski belum ada konfirmasi, polisi yakin ada empat keluarga yang tinggal di rumah Osama: dilihat dari penemuan empat saluran gas dan empat meteran listrik. Juga empat set dapur dan alat makan di bawah satu atap.

Istri Osama, Amal Ahmed Abdel Fatteh alias Amal al-Sada mengungkapkan Osama jarang beranjak dari ruang pribadinya pada siang hari. Sementara, kata dia, kehidupan para istri di rumah itu sederhana dan terstruktur. Tiga istri Osama terlibat dalam pengasuhan dan pendidikan 11 anak lelaki dan dua anak perempuan di dalam rumah itu. Sementara, Osama menyempatkan diri untuk memberikan ceramah tiap hari.

Belum jelas berapa persisnya istri yang dimiliki Osama. Yang umum diketahui, ia menikah lima kali, bercerai satu kali. Osama memiliki 12 hingga 24 orang anak.

Bin Laden menikah kali pertama di usia 17 tahun, dengan sepupu asal Syria, Najwa Ghanem pada 1974. Pasangan ini kemudian makin terasing satu sama lain. Pada 2009 Najwa Ghanem dan putra tertua Osama menulis memoar berjudul 'Growing Up Bin Laden'.

Seperti ditulis dalam bukunya, Najwa mengatakan Osama adalah sosok ayah yang sangat disiplin. Osama tak ragu memukul anaknya yang tersenyum sangat lebar, hingga terlihat deretan giginya.

Di sisi lain Osama punya kegemaran berkebun bunga matahari dan menganggap mobil sport laiknya istri pertamanya. Di rumahnya, Osama mengharamkan pemakaian alat-alat elektronik. Dia juga memerintahkan anak-anak lelakinya mendaki gunung pasir di gurun tanpa membawa air.

Tujuannya, agar sang anak kuat. Osama ternyata jago matematika. Ia bahkan gemar menguji kecepatan hitungnya, bertanding  dengan kalkulator.

Setelah hidup terpisah dengan Najwa, Osama kemudian memutuskan berpoligami. Menurut Lawrence Wright Tower dalam bukunya soal Osama, 'The Looming Tower', salah satu istrinya,  Ummu Ali, memutuskan bercerai pasca setelah bertahun-tahun menjalani hubungan yang dingin dengan Osama.

Soal pernikahan, Osama pernah bersumpah tak akan menceraikan istrinya, namun sebaliknya ia mengizinkan bila istrinya itu meminta pisah.

Berikut daftar istri bin Laden yang diketahui publik:

1. Najwa Ghanem: menikah 1974 ketika ia berumur 14. Juga dikenal sebagai Ummu Abdullah ("ibu dari Abdullah"). Mengaku tak pernah kontak dengan Bin Laden pasca serangan 11 September 2001.

2. Amal al-Sada: menikah tahun 2001 ketika ia berusia 15 tahun.

3. Ummu  Ali: bercerai 1996.

4. Ummu Hamzah: menikah 1982

5. Ummu Khaled: seorang guru bahasa Arab

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...