Wednesday, May 18, 2011

Aneh! Semangka Meledak Saat Akan Dipanen

Para petani di Cina timur dibuat bingung setelah semangka yang siap dipanen meledak satu demi satu. Penelusuran yang dilakukan media pemerintah menunjukkan ratusan hektar tanaman semangka rusak oleh fenomena ini.


Kantor berita Xinhua melaporkan 20 petani di provinsi Jiangsu menanam benih semangka dari Jepang dan semangka-semangka milik 10 petani mulai meledak bulan lalu. Salah seorang petani, Liu Mingsuo, kepada kantor berita Xinhua mengatakan lebih dari dua pertiga semangkanya hancur.

Ia mengatakan dirinya memakai bahan kimia pada 6 Mei agar semangka cepat besar dan keesokan harinya lebih dari 180 semangka meledak. Ia disebut-sebut sebagai satu-satunya petani di kampungnya yang menggunakan bahan kimia.

Stasiun televisi China Central Television menduga semangka yang meledak ini mungkin disebabkan oleh pemakaian bahan kimia yang berlebihan. Namun semangka yang tidak diberi bahan kimia juga meledak. Ini dialami oleh Wang Dehong, yang telah menanam semangka selama 20 tahun.

Para ahli tidak bisa menjelaskan mengapa semangka yang tidak memakai bahan kimia juga ikut meledak. Mereka memperkirakan masalah ini disebabkan oleh cuaca dan ukuran semangka yang tidak normal.

China Central Television melaporkan bahan kimia dipakai agar semangka-semangka ini lebih cepat masak sehingga bisa lebih cepat masuk ke pasar, mendahului musim panen. Dengan masuk ke pasar lebih cepat, para petani berharap bisa meraup keuntungan lebih besar. [source]

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...