Sunday, May 15, 2011

5 Penyebab Gairah Seks Menurun

Penurunan gairah seks biasanya banyak terjadi pada pasangan di usia paruh baya mereka. Tapi, bukan berarti pasangan muda atau bahkan yang baru beberapa tahun menikah aman dari masalah ini.

http://images.detik.com/content/2011/05/15/227/libidoturun.jpg

Gairah seks merupakan dorongan fisik dan emosional yang berkolerasi dengan insting alami manusia untuk berhubungan seks. Gairah seks, juga bisa disebut sebagai libido. Namun dalam suatu waktu, gairah itu bisa saja berkurang bahkan menghilang sama sekali.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Selain karena diet yang tidak tepat, gaya hidup maupun kondisi kesehatan. Sedikitnya ada lima faktor yang menyebabkan turunnya gairah seks, seperti dikutip dari Lifemojo.

1. Kesehatan Tubuh yang Kurang Baik

Salah satu faktor paling umum penyebab turunnya gairah seks adalah gangguan kesehatan tubuh. Mengonsumsi obat-obatan atau anti-depresan bisa melemahkan gairah seksual seseorang. Hilangnya gairah seks juga bisa disebabkan prosedur dan perawatan medis.

Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gairah seks turun di antaranya:
- Kanker: penyakit ini memengaruhi penderitanya secara fisik dan emosional. Pengobatan kemoterapi untuk menyembuhkan kanker bisa membuat tubuh seseorang lemah sehingga mengurangi kepercayaan diri untuk memuaskan pasangannya secara seksual.

- Arthritis: arthritis atau radang sendi menimbulkan sakit luar biasa pada tulang dan persendian. Aktivitas seks yang biasanya memerlukan banyak energi dan gerakan-gerakan intens bisa menyebabkan sakit lebih parah. Karenanya, orang dengan penyakit radang sendi cenderung enggan bercinta karena khawatir mengalami sakit.

Diabetes: pengidap diabetes biasanya lebih mudah cemas dan tidak bisa memproduksi cairan lubrikan pada Miss V. Kondisi ini bisa membuat wanita sulit mencapai orgasme.

2. Menopause/Andropause
Menopause/Andropause merupakan faktor alami yang membuat gairah seks pada pria dan wanita turun. Pada wanita, menopause ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi serta produksi hormon-hormon mulai berkurang. Hal ini menyebabkan gairah seksual menurun. Perubahan tingkat testosteron dan estrogen juga jadi penyebabnya.

3. Gaya Hidup
Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan makanan tertentu bisa menurunkan gairah seks. Beberapa contohnya makan daging merah terlalu banyak, konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Gairah seks yang menurun bisa saja ditingkatkan kembali, asal berhenti merokok, rajin olahraga dan minum obat secara teratur.

4. Beban Hidup
Faktor psikologis seperti takut, stres dan frustasi juga bisa menyebabkan gairah seks turun. Stres di tempat kerja, banyak tugas yang harus diselesaiakan dalam waktu bersamaan atau masalah keuangan bisa menyebabkan tekanan secara psikis yang berujung pada berkurangnya gairah seks.

5. Tidak Percaya Diri
Ketidakmampuan memuaskan pasangan, takut tidak tubuhnya tidak terlihat sempurna dan depresi juga jadi faktor penyebab turunnya gairah seks. Untuk mengatasinya, perlu pengobatan dan konseling dengan psikolog maupun pakar seks. [source]

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...